Wayang Sebagai Sumber Nilai dan Jati Diri Bangsa

SENA WANGI(20/2/2019). Saat yang dinanti-nantikan telah tiba. Melalui KEPPRES No.30 tahun 2018 telah ditetapkan tanggal 7 November Hari Wayang Nasional (HWN). Tentu HWN disambut gembira oleh komunitas pewayangan. HWN telah menambah kekuatan seni budaya wayang di Indonesia, wayang bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Hari besar pewayangan itu bisa menjadi momentum pengembangan pewayangan. Oleh karena itu organisasi-organisasi pewayangan menyelenggarakan rapat koordinasi yang berlangsung pada tanggal 19 Februari 2019 bertempat di Gedung Pewayangan Kautaman Jakarta Timur.

Rakor  ini merupakan agenda tahunan SENA WANGI dan dalam rangka menyambut diterbitkannya Keppres tentang Hari Wayang Nasional. Rapat dihadiri oleh pimpinan dan pengurus SENA WANGI (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia), Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Pusat, APA (Asean Puppetry Association), UNIMA (Union Internationale de la Marionnette) Indonesia, PEWANGI (Persatuan Wayang Orang Indonesia), Lembaga-lembaga Pemerintah, Sanggar-Sanggar dan lain lain.

Acara Rakor dibuka secara resmi oleh Direktur Kesenian Kemdikbud, Bapak Dr. Restu Gunawan, M.Hum. Beliau menyampaikan bahwa “Hari Wayang Nasional (HWN) dapat dijadikan momen bersama untuk menggerakkan berbagai kegiatan terkait pewayangan secara nasional dan serentak di seluruh Indonesia. Serta melaksanakan kegiatan sosialisasi, informasi seni budaya wayang dengan menggunakan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sangat diharapkan bisa menjangkau khalayak terutama generasi muda”.

KEPPRES No.30 tahun 2018 menegaskan peranan dan tugas seni budaya wayang menjadi sumber nilai serta jati diri bangsa. Tugas yang mulia tetapi berat karena organisasi pewayangan harus mampu menampilkan pergelaran wayang yang berkualitas edipeni dan adiluhung. “Pentas wayang yang bermutu hanya bisa ditampilkan oleh para dalang yang mumpuni, di tangan mereka wayang bisa menjadi tontonan yang menarik dan menyampaikan pesan tuntunan hidup, yang tersusun dalam tatanan teratur.

Rapat Koordinasi Organisasi Pewayangan ini ditutup dengan pentas Teater Wayang Indonesia (TWI) dengan menampilkan pergelaran wayang orang bahasa Indonesia the opera Drama wayang Swargaloka cerita Kidung Anargya Kunti Talibrata”. Pentas wayang orang didukung oleh para artis-artis wayang terkemuka dan bintang tamu Ki Manteb Soedarsono.

Humas SENA WANGI  @2019