PROGRAM

Untuk mewujudkan visi dan misinya tersebut, SENA WANGI melakukan berbagai program yang mencakup empath al yaitu perumusan dan penetapan kebijakan pelestarian dan pengembangan wayang; penelitian dan pengembangan; dokumentasi dan informasi, serta hubungan luar negeri anatara lain, yang dilakukan :

 

  1. Perumusan dan penerapan kebijakan pelestarian dan pengembangan wayang.
  2. Penelitian dan pengembangan wayang, baik klasik maupun kreasi baru.
  3. Dokumentasi dan informasi wayang melalui Pusat Data Wayang Indonesia (PDWI)
  4. Pengembangan organisasi, lembaga dan sanggar-sanggar wayang
  5. Sarasehan dan pertemuan-pertemuan lainnya.
  6. Pengembangan sumber daya manusia di dunia pewayangan, yang mencakup para seniman, pakar dan penggemar wayang
  7. Pengembangan kritik wayang dan filsafat wayang
  8. Menjalin hubungan luar negeri yang luas dengan organisasi, lembaga, pakar, budayawan dan tokoh-tokoh dari mancanegara.

KEGIATAN

Organisasi
  1. Melakukan peningkatan kinerja organisasi dan pengurus dalam melaksanakan tugas-tugasnya
  2. Menjalin kerjasama yang erat dan efektif dengan lembaga dan instansi pemerintag dan swasta serta perorangan, baik di dalam maupun d luar negeri, antara lain dengan menyelenggarakan mutra wayang.
Penelitian dan Pengembangan
  1. Melakukan penelitian terhadap kritik wayang, Filsafat Wayang, serta pengembangan wayang sesuai dengan tantangan zaman.
  2. Pengembangan wayang klasik serta wayang kreasi baru
  3. Pelestarian dan pengembangan wayang langka.
Dokumentasi dan Informasi Wayang
  1. Melakukan penelitian dan pendokumetasian semua jenis wayang yang ada di Indonesia;yang diperkirakan lebih dari 100 jenis wayang.
  2. Pengembangan PDWI (Pusat Data Wayang Indonesia) sebagai pusat data multimedia yang memiliki jaringan nasional dan global, yang berisi informasi wayang dalam semua aspeknya.
Penerbitan

Melakukan penerbitan buku-buku wayang, antara lain Ensiklopedi Wayang Indonesia (EWI), jurnal wayang, majalah wayang “CEMPALA”, program siaran televisi, dll.

Apresiasi Wayang
  1. Mendorong berbagai organisasi pewayangan, terutama PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia), sanggar-sanggar, lembaga dan instansi seni pewayangan untuk mengembangkan dan sosialisasi wayang.
  2. Menyelenggarakan acara gelar wayang secara periodik: pekan wayang lima tahun sekali, berbagai festival dan gelar wayang setiap tahunnya
  3. Menyelenggarakan pergelaran wayang dalam kemasan khusus (kemasan untuk program TV, format film, video, dan sebagainya)
Kerjasama Internasional

Memprakarsai dan mendorong terbentuknya Asosiasi Wayang ASEAN (ASEAN Puppetry Association) sebagai salah satu wujud kerjasama ASEAN di bidang sosial budaya. Juga pembentukan asosiasi wayang Asia.

  • Berpartisipasi secara aktif dalam organisasi internasional UNIMA (Union Internationale de la marionette)
  • Bekerjasama dengan UNESCO untuk melestarikan dan mengembangkan wayang karena wayang telah menjadi salah satu karya agung budaya dunia.
  • Mengikuti berbagai festival wayang, pertemuan dan event internasional
  • Menjalin kerjasama dan hubungan dengan para seniman wayang dan pakar budaya di luar negeri
Gedung Pewayangan Kautaman

SENA WANGI ikut mengelola gedung wayang, Gedung Pewayangan Kautaman yang terletak di lingkungan TMII Jakarta. Gedung Pewayangan Kautaman dibangun dan dikelola untuk SENA WANGI bagi upaya melestarikan dan mengembangkan wayang.