PEWANGI singkatan dari  Persatuan Wayang Orang Indonesia yakni wadah organisasi yang mampu memajukan dan mengembangkan wayang orang Indonesia. Berdirinya PEWANGI diprakarsai oleh Nani Soedarsono dan dideklarasikan di auditorium RRI Jakarta, Minggu (31/10/2010). Menurut Nani, seni pewayangan Indonesia termasuk di dalamnya seni wayang orang adalah warisan leluhur bangsa yang bernilai tinggi.

“Disayangkan selama 65 tahun bangsa Indonesia membangun, seni pewayangan termasuk seni wayang orang belun tersentuh gerak pembangunan. Prihatin dengan terpinggirkan eksistensi seni pewayangan terutama wayang orang di Indonesia, masyarakat wayang orang Indonesia membentuk PEWANGI.

Bertolak dari pemikiran itu, masyarakat pewayangan Indonesia terutama masyarakat wayang orang Indonesia sepakat membentuk suatu wadah organisasi yang mampu memajukan dan mengembangkan wayang orang Indonesia, termasuk jenis seni drama/teater yang berbasis tradisi. Pewangi bisa menjadi tempat bagi para pelaku dan pelestari budaya.

Setelah deklarasi, beberapa kegiatan dari Pewangi adalah penataan sejarah pewayangan Indonesia, penataan sejarah wayang orang Indonesia, pemetaan pengetahuan tentang kebudayaan bangsa, penataan filsafat seni wayang orang Indonesia, penataan pengetahuan manajemen seni pertunjukkan wayang oran