Rincian

Suparmin Sunjoyo

SUPARMIN SUNJOYO, dilahirkan di Banyumas, 28 Maret  1943, ibunya bernama Suwarni dan ayahnya bernama R. Soendjojo. Seorang pegawai Dinas Sosial Kabupaten Banyumas di Purwokerto.   Setelah menamatkan SR/SD, SMP Negeri 2 dan SMA Negeri 1 Purwokerto, Ia melanjutkan studinya ke FISIPOL-Hubungan Internasional UGM,  hingga lulus tahun 1967.

Tahun 1968-1974 mengikuti Program  Wajib Militer/Wamil  pada Angkatan Kepolisian RI dengan pangkat terakhir sebagai Ajun Komisaris Polisi.  Pengalaman menonjol selama mengikuti  dinas Wamil di Angkatan Kepolisian, terpilih sebagai salah seorang dari 22 Perwira Polisi seluruh Indonesia yang tergabung sebagai Anggota Kontingen GARUDA V bersama kesatuan-kesatuan AD, AL dan AU yang ditugaskan ke Vietnam dalam ICCS (International Commission for Control and Supervision).

Sekembali dari penugasan di Vietnam, Suparmin mengundurkan diri dari dinas di Kepolisian RI karena diterima sebagai staf pada Departemen Luar Negeri RI.  Selama berkarier di DEPLU mencapai Eselon II sebagai  Direktur Kerjasama Fungsional ASEAN dan penugasan-penugasan  di luar negeri. Puncak kariernya di Deplu adalah  sebagai Duta Besar RI untuk Suriname merangkap Guyana tahun 2002-2006.

Suparmin Sunjoyo senang menonton wayang mendengarkan gamelan. Pernah belajar karawitan kepada Bapak Sri Hastanto di KBRI London tahun 1980-1982, belajar “pegang wayang kulit”  pada Ki Bambang Suwarno di KBRI Paramaribo Suriname tahun 2003. Sekembalinya dari Suriname ia bergabung dengan sanggar Redi Waluyo dan Nurmala Sari untuk menyalurkan kegemarannya pada seni musik gamelan dan seni pedalangan.

Ia diangkat sebagai Ketua Bidang Hubungan Internasional SENA WANGI tahun 2006-2011, selanjutnya terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus SENA WANGI sejak 22 Oktober 2011 untuk periode 5 tahun.   Suparmin ikut memprakarsai dalam pendirian ASEAN Puppetry Association (APA) tahun 2006. Ia juga aktif di Union Internationale  de la Marionnette (UNIMA) Indonesia. Sejak tahun 2011 Suparmin Sunjoyo juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal  ASEAN Puppetry Association.

Suparmin Sunjoyo beristrikan: Sri Budiarti dari Yogyakarta, hingga tahun 2015  dikaruniai 3 orang anak dan 2 orang cucu.

Lokasi

Info Kontak

  • Address
    Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, 53116, Indonesia