Rincian

Samodra Sriwidjaja

SAMODRA SRIWIDJAJA, diplomat yang juga pemerhati wayang.Selepas sebagai Duta Besar Austria, ia diminta oleh Alm. Dubes Tupuk Sutrisno menjadi Presiden UNIMA (Union Internationale de la Marionnette). Sebuah organisasi wayang internasional.

Semenjak ia menjabat sebagai Presiden UNIMA, banyak kegiatan yang dilakukan untuk mengangkat wayang Indonesia di kancah internasional. Di antaranta adalah mengirim wakil Presiden UNIMA Indonesia Dubes Suparmin Sunjoyo dan  Dr. MAS Hikam ke Dordrech, Belanda untuk Konggres Concillors.

Pada tanggal 17 Oktober 2011 bertempat di Gedung Pewayangan Kautaman, Ia menggagas sebuah Simposium Internasional dengan tema Friendship Through Culture dengan mengundang UNIMA dari Austria, Australia, Amerika serta peserta dari Malaysia dan Singaporeyang menghasilkan Jakarta Joint Statement.

UNIMA berpartisipasi pada World Wayang Summit yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Monas, serta dihadiri oleh Sekjen UNIMA Internasional Mr. Jaques Trudeau, dan diikuti beberapa anggotanya dari India, China, Austria, Australia, Iran, Croasia dan Kenya dan negara-negara lainnya. Dalam kesempatan tersebut menghasilkan Jakarta Joint Statement of Wayang Summit 2012.

Sebagai Presiden UNIMA, ia bersama Dubes Suparmin Sunjoyo, Dubes Nurachman Oeripmengikuti Kongres dan Festival Wayang Internasional di Chengdu (2013). Ia juga memimpin delegasi untuk  mengikuti China Internasional Puppet Art Festival di Nanchong 2014 dengan menampilkan Wayang Listrik dari Bali pimpinan Bapak I Made Sidia dari Sanggar Paripurna dengan lakon Yudistira Become The King. Pada kesempatan itu Indonesia mendapat The Best Drama Award.

Lokasi

Info Kontak

  • Address
    Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia